Sabtu, 29 April 2017

MEDIA PENGINDERAAN JAUH

MEDIA PEMBELAJARAN
(PENGINDERAAN JAUH)


Media merupakan  salah satu komponen komunikasi yaitu sebagai pembawa,pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996 dalam Santyasa, I.W.,2008). Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan pembelajaran

Media dibagi menjadi dua yaitu
  • Media Soft (Aplikasi, software, dsb.)
  • Media Hard (Buku, Majalah, Artikel, dll.)

Media yang digunakan dalam pemberian materi tentang Manfaat Penginderaan Jauh
1).                Media Hard yaitu dengan menggunakan Sampel wilayah/daerah dengan media kardus yang dibentuk layaknya sebuah miniature. Hal ini diharapkan agar para siswa paham apa yang dimaksud dengan Penginderaan Jauh, terutama tentang apa saja manfaat yang dapat diambil dari Pembelajaran ini.


Media yang digunakan dalam pemberian materi tentang Manfaat Penginderaan Jauh
1). Media Hard yaitu dengan menggunakan Sampel wilayah/daerah dengan media kardus yang dibentuk layaknya sebuah miniature. Hal ini diharapkan agar para siswa paham apa yang dimaksud dengan Penginderaan Jauh, terutama tentang apa saja manfaat yang dapat diambil dari Pembelajaran ini.

PENGENALAN BENTUK KONTUR

POLA KERUANGAN KOTA

BENTUK BANGUNAN, DSB.

 selanjutnya, menggunakan poster
POSTER

Poster ini menjelaskan tentang berbagai kemudahan adanya berbagai Aplikasi yang berkaitan dengan Penginderaan jauh. Kini Aplikasi ini telas tersedia di ponsel kita masing-masing. Hp merupakan perangkat telekomonukiasi sejuta umat. Dari anak balita hingga lanjut usia. Namun dalam poster ini digambarkan seorang balita memakai HP yang menujukkan bahwa semua orang mampu dalam menjelajah dunia yang masih belum terjangkau hanya dengan genggamannya meski balita sekalipun. Inilah yang melatarbelakangi semboyan yang ada di Poster tersebut yaitu “Dunia Dalam Genggamanmu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar